Belajar Ikhlas dari Berkurban

Belajar Ikhlas dari Berkurban

Belajar Ikhlas dari Berkurban

 Momentum hari raya Idul Adha tahun ini, dijadikan sarana bagi siswa untuk belajar berkurban dan ikhlas. Seperti yang dilakukan oleh siswa SMAN 4 Kota Bekasi.

Sekolah yang berada di Kecamatan Bekasi Utara tersebut pada tahun ini menyembelih 10 ekor kambing dan 4 ekor sapi. Untuk kambing yang menyumbang adalah seluruh kelas 12 tahun ini dan untuk sapi yang menyumbang adalah guru SMAN 4 Bekasi yang ditabung dalam jangka waktu 10 tahun ini.

“Untuk kelas 12 itu merupakan agenda rutin sebagai bentuk belajar dan rasa bersyukur

.  Kelas 12 ini nanti akan belajar bagaimana cara menyembelih dan menguliti hingga memotong daging kurban tersebut.  Saya juga sangat mengapresiasi para murid dan guru di hari idul Adha ini ya.  Mereka terlihat sangat niat untuk belajar dan beribadah, ” tutur Wakasek SMAN 4 Bekasi, Trisnani.

Menurutnya, nilai pengorbanan  sangat penting ditanamkan sejak dini. Langkah ini sebagai upaya  mencegah sikap brutal dan amoral dari anak remaja. Tren yang hari ini berkembang, anak-anak inginnya pasti beli motor, beli gadget dan barang konsumtif lain.

“Intinya, jangan semua keinginan anak dituruti. Harus disesuaikan dengan kebutuhan

dan kemampuan finansial orang tuanya. Makanya, hawa nafsu anak harus disembelih (dikendalikan). Untuk itu kenapa saya salut dengan murid murid ini.  Biasanya mereka memikirkan duniawi untuk hari besar ini mereka memikirkan amalan amalannya.  Mereka mencari dana sendiri untuk hal ini.  Untuk mengajukan ke guru agama para murid juga memberikan proposal proposal agar guru juga memantau perkembangannya, ” terangnya.

Selain itu lanjutnya, melalui kurban saat Idul Adha, imengajarkan manusia

agar lebih dekat dengan penciptaNya. Ini juga mengajarkan manusia agar senantiasa memupuk rasa empati terhadap sesama, membangun solidaritas, melatih diri menjadi pribadi yang lebih dermawan dan peduli, menerima keberkahan rezeki serta menghindarkan sikap tamak.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/