Dari Pesantren untuk Memajukan Warga Desa

Dari Pesantren untuk Memajukan Warga Desa

Dari Pesantren untuk Memajukan Warga Desa

Untuk memajukan desa di Kabupaten Bogor, tentunya harus saling melengkapi terkait kekurangan

yang ada di desa, hal itupun dilakukan Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) untuk membedah terkait Perundang-undangan desa.

C.O Kabupaten Bogor Waspada mengungkapkan, diskusi publik ini terkait perundang-undangan desa yang dilaksanakan di Desa Karihkil, Kecamatan Ciseeng, dalam hal itupun turut membahas bagaimana cara untuk mensosialisasikan Undang-undang desa kebeberapa wilayah di Kabupaten Bogor.

“Tentu ini harus ada peran penting dari semua pihak, untuk kemajuan Kabupaten Bogor,” katanya

Perhimpunan pengembangan pesantren dan masyarakat ini, lanjut Waspada, sudah melakukan

beberapa diskusi publik terbuka diberbagai wilayah Kabupaten Bogor seperti di Desa Cogreg, Jampang, Karikhkil.

“Sebenarnya masyarakat serta tokoh-tokoh mempunyai peranan dalam mengembangkan desanya, melalui berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, agama dan lain-lain,” jelasnya.

Ia menambahkan, desa mempunyai peranan penting dalam memajukan negeri,

karena desa adalah struktural terdekat dengan masyarakat sekitar, perlu adanya sinergisitas antara masyarakat dengan aparatur desa sehingga berdampak pada kemakmuran masyarakat.

“Sejak ditetapkannya oleh DPR RI pada 15 Januari 2014 undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, sampai ini belum sepenuhnya dipahami secara luas oleh masyarakat padahal undang-undang tersebut berisi tata kelola mendasar baik menurut hak asal usul, adat istiadat, dan kewenangan lokal bersekala desa,” tukasnya.

Pantauan dilokasi, dalam diskusi ini selain mensosialisasikan undang-undang desa ke beberapa wilayah,juga ini dijadikan sebagai ajang untuk mengaktifkan para santri, masyarakat serta tokoh-tokoh untuk menjadi masyarakat aktif serta peduli terhadap desanya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/SFQVB5M