Definisi Diskursi Sert Fungsi, Manfaat Dan Tujuannya

Definisi Diskursi Sert Fungsi, Manfaat Dan Tujuannya

Pengertian Diskusi

Fungsi Diskusi

Diskusi sendiri memiliki fungsi yang penting untuk melatih kita hidup bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai masalah dan mencari solusinya. selain itu dapat menumbuhkan sikap saling menghargai pendapat, serta dapat mengerjakan sesuatu dengan cepat dan mempu menumbuhkan kerja sama yang baik.

Manfaat Diskusi

Kenapa terkadang diskusi harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan, karena dengan melakukan diskusi, jalan keluar atau solusi dari permasalahan tersebut cepat ditemukan atau diketahui. selain itu, masih banyak manfaat dari kegiatan diskusi, diantaranya adalah:

A. Saling menghargai pendapat orang lain
B. Dapat menahan rasa ego yang ada dalam diri
C. Dapat menyelesaikan masalah yang sedang didiskusikan
D. dapat mempererat hubungan antara yang satu dengan yang lain, mengapa dmikian? dengan berdiskusi, mengahargai pendapat orang, menyelesaikan masalah bersama-sama, mendengarkan lawan berbicara, dapat mempererat hubungan atau membuat lebih akrab.
E. belajar untuk memahami karakter
F. menambah wawasan
G. Bertukar ilmu
H. Dapat berbicara didepan orang lain dengan baik, mulai dari sopan santun, etika, sampai penyusunan kalimat atau dalam merangkai kata-kata.

Tujuan Diskusi

Kenapa diskusi harus dilakukan? karena untuk mendapatkan hasil atau tujuan yang sebaik-baiknya untuk kemajuan bersama. namun selain itu, masih banyak sekali tujuan dilakukanya sebuah diskusi antara lain:

– Mendapatkan kesesuaian atau kesepahaman pengertian mengenai pendapat dan lain sebagainya
– Bertujuan untuk mengadakan suatu kesepakatan.
– Bertujuan untuk mendapatkan keputusan bersama terkait suatu permasalahan.
– Diskusi juga bertujuan sebagai sarana belajar dan memperoleh informasi dari sudut pandang berbeda.
– Diskusi bertujuan untuk membangun kepercayaan diri dalam mengemukakan ide sendiri yang kemudian diuji kebenarannya oleh pelaku diskusi lainnya yang terlibat.

 

Artikel terkait :