Kepala BPSDM Wisuda 117 Lulusan SUPM Waiheru

Kepala BPSDM Wisuda 117 Lulusan SUPM Waiheru

Kepala BPSDM Wisuda 117 Lulusan SUPM Waiheru

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDM KP),

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Suseno Sukoyono, mewisuda 117 lulusan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru Ambon, Senin (8/6).

Suseno dalam sambutannya mengatakan Sebanyak 105 dari 117 lulusan (90 persen) yang diwisuda ini telah direkrut sebelumnya oleh berbagai perusahaan dalam dan luar negeri sebelum prosesi wisuda tanpa sempat menganggur.

Mereka direkrut PT. Budi Agung Binatara sebanyak 24 orang sebagai Anak Buah Kapal (ABK)

dan tenaga budidaya perikanan di Jepang; PT. Marindo Jaya Abadi sebanyak 13 orang sebagai ABK kapal penangkapan di Korea; PT. Kharisma Abadi Mandiri sebanyak 14 orang tenaga pengolahan, budidaya, dan ABK di Malaysia, PT. Samudera Sakti Sepakat sebanyak 5 orang ABK dan tenaga pengolahan ikan.

PT. Anindo Perkasa Abadi sebanyak 8 orang sebagai tenaga pengolahan dan teknisi mesin; PT. Fresh

on Time Seafood sebanyak 11 orang sebagai tenaga pengolahan; PT. Arafura Marine Culture sebanyak 12 orang sebagai tenaga pengolahan dan budidaya; serta PT. Wahana Lestari Investama sebanyak 18 orang sebagai tenaga pengolahan dan budidaya.

Sementara 10 persen sisanya melanjutkan pendidikan, berwirausaha, dan tengah menjalani proses rekrutmen kerja.

Dijelaskan, jumlah tersebut merupakan lulusan dari Program Keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL) sebanyak 23 orang, Teknika Perikanan Laut (TPL) sebanyak 32 orang, Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) sebanyak 30 orang, dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan sebanyak 32 orang, dengan persentase kelulusan sebesar 100 persen.

Peringkat 1 Program Keahlian NPL diraih Dalens Etus Ratsuala dengan nilai 88,3; Program Keahlian TPL diraih Novry Welmy Telapary dengan nilai 89,2, Program Keahlian TBP diraih Nur Julianti Dwi Chairani dengan nilai 89,2, serta Program Keahlian TPHP diraih Mirnawati dengan nilai 87,5.

Dengan demikian, jumlah lulusan yang dihasilkan SUPM Waiheru sejak 1986 hingga 2015 berjumlah 2.208 orang, terdiri dari perusahaan swasta dalam dan luar negeri sebesar 55,2 persen; wirausaha sebesar 18,5 persen; PNS, TNI, dan Polri sebesar 13,4 persen, serta melanjutkan pendidikan 12,4 persen.

Kepada para lulusan, Suseno berpesan keberhasilan kalian menyelesaikan pendidikan di SUPM Waiheru, merupakan awal untuk meraih sukses di masa depan.

“Bagi yang melanjutkan ke pendidikan tinggi, agar terus meningkatkan semangat belajarnya. Bagi yang bekerja, hendaknya selalu berusaha untuk dapat bekerja dengan baik dan disiplin. Bagi yang menjadi wirausaha muda, saya berharap untuk selalu berusaha dan tidak mudah putus asa manakala dalam usahanya mengalami hambatan,” tandasnya.

 

Sumber :

https://zalala.co.id/malam-lailatul-qadar/