Keuntungan dan kerugian sistem cerdas

Keuntungan dan kerugian sistem cerdas

Keuntungan dan kerugian sistem cerdas

Pengertian Fingeprint Fingerprinting adalah

salah satu bentuk biometrik, sebuah ilmu yang menggunakan karakteristik fisik penduduk untuk mengidentifikasi. Sidik jari sangat ideal untuk tujuan ini karena mereka murah untuk mengumpulkan dan menganalisis, dan mereka tidak pernah berubah, bahkan dengan umur orang.Meskipun tangan dan kaki memiliki banyak daerah bergerigi yang dapat digunakan untuk identifikasi, sidik jari menjadi bentuk populer biometrik karena mereka mudah untuk mengklasifikasikan dan mengurutkan. Bentuk Imperialisme dan Kolonialisme, Beserta Pengaruh, Jenis, Dampak

How to use Touch ID on iPhone 5s

Scanning sidik jari dilakukan dengan alat elektronik (dalam hal ini mesin absensi sidik jari). Hasil scanning lalu disimpan dalam format digital pada saat registrasi atau enrollment atau pendaftaran sidik jari. Setelah itu, rekaman sidik jari tersebut diproses dan dibuatkan daftar pola fitur sidik jari yang unik. Pola fitur sidik jari yang unik tersebut kemudian disimpan dalam memory atau database. Pola sidik jari yang unik ini disebut dengan istilah minutiae. Pada saat identifikasi, pola minutiae tersebut kemudian dicocokkan dengan hasil scan sidik jari.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Sidik Jari

1. Pengelolaan lebih mudah
2. Menekan dana pengeluaran fiktif karyawan
3. Terhindar dari kecurangan
4. Meningkatkan produktivitas karyawan
Walaupun mesin menawarkan beberapa kelebihan, namun tidak menutup kemungkinan masih ditemukannya beberapa kekurangan yang terdapat dalam mesin absensi sidik jari diantarannya:
1. Sering terjadi kesalahan dalam proses identifikasi
2. Membutuhkan perawatan yang rutin
3. Kinerja scanner kurang maksimal

Sumber Materi : https://www.murid.co.id/