Mendikbud Apresiasi Gebyar Dikbud dan Rencana Pendidikan di Jawa Barat

Mendikbud Apresiasi Gebyar Dikbud dan Rencana Pendidikan di Jawa Barat

Mendikbud Apresiasi Gebyar Dikbud dan Rencana Pendidikan di Jawa Barat

Hari kedua Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Tahun 2019 di Provinsi Jawa Barat berlangsung

secara meriah. Pada safari terakhirnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy bersama jajaran didampingi Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, Bupati Kabupaten Garut, Rudy Gunawan, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika hadir di Pendopo Bupati Garut, Jalan Kiansantang, Kabupaten Garut, Sabtu, (23/3/2019).

Gebyar Dikbud 2019 berlangsung di empat kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat

diantaranya Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cimahi, Kota Bandung, dan terakhir di Kabupaten Garut. Mendikbud mengatakan acara tersebut sangat bagus sekali dan syarat dengan tampilan- tampilan kebudayaan. Selain itu, banyak terdapat nilai-nilai kearifan lokal dan tradisi-tradisi yang sangat kaya dari Kabupaten Garut.

“Garut ini memiliki potensi yang sangat besar karena memiliki segala persyaratannya, baik dari segi kekayaan alam, kekayaan budaya, maupun nilai-nilai tradisional yang ada di sini,” ujar Mendikbud.

Mendikbud juga sangat mengapresiasi Gubernur Provinsi Jawa Barat atas rencana kedepannya dalam pembangunan pendidikan. Ia berharap pendidikan di Provinsi Jawa Barat akan semakin maju. Hal tersebut tentunya perlu di dukung oleh pemerintahan di tingkat kabupten/kota.

“Mudahan-mudahan Provinsi Jawa Barat pendidikannya akan semakin maju di bawah pimpinan

Pak Ridwan Kamil, dan tentu saja harus didukung oleh daerah kabupaten dan kota termasuk Kabupaten Garut,” ujar Mendikbud.

Dalam acara yang sama, Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan Kabupaten Garut merupkan kabupaten yang terlengkap. Mulai dari keindahan alam yang memiliki berbagai destinasi wisata seperti gunung, bukit, air terjun, sungai, danau, sampai pantai.

“Oleh karena itu pariwisata salah satu yang akan saya dorong untuk meningkatkan ekonomi di Kabupaten Garut,” ujar Gubernur Provinsi Jawa Barat.

Gubernur Provinsi Jawa Barat mengatakan Kabupten Garut juga memiliki kebudayaan yang sangat banyak, seperti tarian, pencak silat, dan kesenian Domba Garut. Hal tersebut menjadi bagian dari kreativitas kesenian dan kebudayaan Kabupten Garut. Garut juga terkenal sangat religius, yang memiliki banyak pesantren.

“Mudah-mudahan menteri bisa mengevaluasi. Pendidikan itu dinamis tidak bisa kaku, tidak bisa sekedar jangka pendek. Kita sedang membangun peradaban,“ ujar Gubernur Provinsi Jawa Barat.***

 

Baca Juga :