Pengertian Diskusi Dan Jenis Serta Unsurnya

Pengertian Diskusi Dan Jenis Serta Unsurnya

Pengertian Diskusi

Pengertian Diskusi

Diskusi adalah sebuah interaksi kemunikasi antara dua orang atau kelompok untuk saling bertukar pikiran, pendapat dengan mengajukan ide-ide brilian guna memajukan perusahaan atau menyelesaikan suatu masalah. dengan melakukan diskusi maka semua permasalan atau problem yang dihadapi akan menjadi lebih mudah. diskusi bisa berupa apa saja, awalnya atau judulnya disebut dengan topik. diskusi berasal dari kata latin yakni “discussus”, yang maknanya adalah bertukar pendapat.

Jenis-Jenis Diskusi

Diskusi sendiri bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan, karena sifatnya yang penuh dengan gagasan menarik. maka dari itu diskusi sering dilakukan sebelum tiba hari eksekusi. diskusi sendiri mencangkup makna yang cukup luas, dan berikut ini ada macam-maca diskusi yang wajib teman-teman ketahui.

1. Seminar
Seminar adalah sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis yang tujuannya untuk melakukan studi menyeluruh tentang suatu topik tertentu yang dibawakan oleh seorang pakar atau ahli dalam bidang tertentu.

2. Simposium
Simposium adalah serangkaian pidato pendek di depan peserta (simposium) dengan seorang pemimpin.

3. Konferensi
Konferensi adalah rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama.

4. Brainstorming
Brainstorming adalah teknik kreativitas yang mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok.

Unsur-Unsur Diskusi

Setiap diskusi yang berjalan dengan lancar dan sukses hingga menghasilkan sebuah ide-ide brilian tentu dipengaruhi oleh beberapa unsur, yaitu :

1. Moderator
Moderator adalah seorang yang bertugas untuk mengawasi mengatur dan mengawasi jalanya diskusi agar pembahasan dapat berjalan dengan kondusif dan tidak melenceng jauh dari topik yang dibahas.

2. Panelis
Panelis adalah penyaji makalah di suatu acara seminar, biasanya panelisnya lebih dari satu yang cara penyajiannya dilakukan secara bergantian.

3. Notulis
Notulis adalah seseorang yang mencatat hasil dari jalannya diskusi dari mulai awal hingga selesai.

4. Peserta atau Audiens
Peserta, partisipan atau audien adalah sorang yang ikut berperan serta dalam suatu kegiatan pertemuan, konferensi, seminar, diskusi dsb.

 

Sumber : https://ngelag.com/