PERGURUAN DAN PENDIDIKAN

Table of Contents

PERGURUAN DAN PENDIDIKAN

PERGURUAN DAN PENDIDIKAN

Perguruan adalah kegiatan pendidikan dan pengajaran, maka akan menghasilkan lulusan, yang biasanya setiap semester atau setiap tahun sekali diselenggarakan wisuda sarjana.Oleh kana itu wisuda sarjana juga sebagai petunjuk bahwa perguruan tinggi yang bersangkutan telah berhasil menunaikan amanahnya, yaitu mengantarkan para mahasiswanya menyelesaikan study dan akhirnya di wisuda, akan tetapi sebenarnya acara wisuda bukan satu-satunya ukuran perguruan tinggi tersebut berhasil menunaikan amanahnya.

Perguruan tinggi masih memiliki tugas lainnya yaitu melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.Tugas penelitian telah nyata di tunaikan manakala dari perguruan tinggi tersebut di hasilkan jurnal,buku-buku dan laporan penelitian oleh karna itu, perguruan tinggi disebut maju, mana kala berhasil menerbitkan bebagai karya ilmiah itu.

Pendidikan mulai muncul ketika manusia atau suatu masyarakat semakin kompleks dengan dengan bebagai macam ide , aktifitas, maupun kebutuhan, terutama kebutuhan akan pengetahuan yang sudah bisa lagi di penuhi oleh lembaga keluarga .
Pada dasrnya baik pendidikan resmi maupun pendidikan tidak resmi, proses penyelenggaraannya di sesuaikan dengan konteks ke seluruh kebudayaan yang umum mengacu pada suatu pola tertentu .
Pendidikan resmi dilaksanakan melalui lembaga pendidikan formal atau yang sering disebut sekolah. Lembaga tersebut menawarkan pendidikan yang berjenjang tingkat dasar sampai dengan tingkat pendidikan tinggi ,sementara itu pendidikan tidak resmi / non formal dilakukan melalui berbagai kursus, misalnya kursus keterampilan, kursus komputer, kursus bahsa, dll .
Unsur-unsur pendidikan :
1. Pola perilaku, meliputi cinta pengetahuan,kehadiran meneliti, dan semangat belajar .
2. Unsur spesialisasi meliputi akreditas, tata tertib kurikulum, dan tingkatan / straba .
3. Ideologi meliputi keberhasilan akademis pendidikan agresif dan inovativ .
4. Budaya manfaat meliputi kelas, lapangan, perpustakaan buku .

Baca Juga :