Perlindungan Konsumen di Era Digital

Perlindungan Konsumen di Era Digital

Perlindungan Konsumen di Era Digital

Peringatan Hari Konsumen Nasional yang jatuh di 20 April 2019,

untuk mendukung hari besar tersebut. Bank Indonesia gelar seminar yang bertajuk Perlindungan Konsumen di Era Ekonomi Digital, Aula Balai Pasundan Lantai 2 Kpw Bank Indonesia Kota Jawa Barat, Senin (18/3/2019).

Kepala Kpw Bank Indonesia Jawa Barat, Doni P. Joewono dalam sambutannya mengatakan untuk mendukung Hari Konsumen Nasional tahun ini, Jawa Barat terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara. Sudah seharusnya, Bank Indonesia berfungsi untuk menjaga, mengatur stabilitas rupiah, dan menjaga sistem pembayaran.

“Selain itu, memastikan sistem pembayaran lancar termasuk ke dalam perlindungan konsumen

. Strategi ini merupakan strategi khusus dengan level nasional. Konsumen kita harus aktif, supaya orang lain tidak melakukan hal buruk pada kita. Dalam artian bukan hanya paham mengenai hak dan kewajibam sebagai konsumen saja,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Seminar rangkaian yang akan digelar 3 hari ini, berawal dari banyaknya aduan yg datang ke BI.

Hal ini, bukanlah menjadi wewenang dari BI melainkan Otoritas Jasa Keuangan. Maka dari itu permasalahan mengenai minjam meminjam uang secara online ada di OJK.

“Sedangkan tanggung jawab kita adala mengedukasi masyarakat agar tidak salah dalam menggunakan kartu kredit. Selain itu, berharap masyarakat Indonesia dapat mengerti dan memahaminya mulai dari sistem keamanan kartunya,” ujarnya.

Sejauh ini, kerugian belum ada yang diterima Bank Indonesia atas pembobolan kartu kredit yang pernah terjadi. Perlindungan konsumen yang akan dilakukan BI adalah terjadi dengan membuat sistem yaitu dengan menggunakan pin 6 digit, jadi kartu kredit yang masih menggunakan tandatangan akan berlaku hingga 2020.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/