Review Software Animasi Blende

Review Software Animasi Blende

Review Software Animasi Blende
Review Software Animasi Blende

Kali ini saya akan meriview software blender, sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat sejarah  blender, yaitu sebuah perangkat lunak 3D open source berbasis Python. Kode sumbernya dibuka ke publik pada tahun 2002. Blender di kembangkan oleh Blander Institute  yang berdomisili di belanda dengan pimpinan Ton Roosendaal (www.blender.org). Software ini sangat handal untuk membuat model 3D, animasi, hingga game. Ia juga sangat kaya akan fitur yang sudah teruji secara profesional dalam 3 open movie dan 1 open game. Blender juga merpakan salah satu software 3D open source yang paling giat pengembangnya dan memiliki komunitas yang fanatik serta developer yang handal. Sampai saat ini, Blender mencapai rilis 2.78c yang merupakan versi stabil Blender. Bukan hanya dari segi interface saja, kemampuan produktivitasnya juga semakin canggih.

Kalau dulu membuat animasi membutuhkan aplikasi yang mahal dengan tingkat kerumitan yang tinggi, kini hal tersebut bisa diatasi dengan hadirnya Blender yang menawarkan penggunaan yang lebih mudah dan gratis pula. Pengertian mudah di sini memang bukan berarti segampang menggunakan aplikasi sehari-hari, tapi jika dibandingkan dengan aplikasi terdahulu yang membutuhkan skill tinggi, Blender menawarkan penggunaan yang lebih mudah.

Blender adalah gratis dan open-source komputer grafis 3D produk perangkat lunak yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, aplikasi 3D interaktif atau video game. Fitur Blender termasuk Photorealistic Rendering, Fast Modeling, Realistic Materials, Fast Rigging, Animation toolset, Sculpting, Fast UV Unwrapping, Full Compositor, Amasing Simulations, Game Creation, Camera and Object tracking, Library of Extensions, Video Editing, File Formats, dan Flexible Interface. Ia juga memiliki built-in mesin permainan. Fiturnya lengkap, ringan, update-nya cepat, serta memiliki komunitas terbuka yang akan membantu para pengguna di seluruh dunia untuk saling bertukar pikiran.

Hal inilah yang membuatnya makin menarik untuk dicoba. Apalagi kini ia telah hadir bagi sistem operasi seperti Windows, Mac OS, hingga Linux. Selain untuk membuat konten 3D, Blender juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan multimedia seperti mengedit video, membuat game, animasi, compositing, dan lainnya yang berhubungan dengan animasi 3D. Bahkan ada lho komunitas yang telah berhasil membuat sebuah film animasi 3D secara utuh dengan hanya menggunakan Blender.

Keunggulan Blender 3D :

  1. Interface yang user friendly dan tertata rapi.
  2. Fitur hampir lengkap
  3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
  4. bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X
  5. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih
  6. Cepat dan efisien.
  7. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas.
  8. File Berukuran kecil.
  9. Free (gratis)

Kelemahan Blender 3D

  1. Tools dan fitur yang dimiliki tidak selengkap aplikasi yang berbayar
  2. Semua proses dilakukan dengan manual

Kesimpulan, jadi aplikasi blender 3D ni sangat cocok untuk pengguna yang baru akan atau ingin merambah dunia animasi dan game. Karena aplikasinya gratis dan dari segi komunitas sangat luas seperti didalam negeri maupun luar negeri, bahkan di Youtube sudah banyak tutorial penggunaan aplikasi Blender 3D ini., kalaupun tidak lengkap tinggal bertanya pada komunitasnya saja.

Sumber : https://filehippo.co.id/