Selayang Pandang Tentang Supervisi Kependidikan

Selayang Pandang Tentang Supervisi Kependidikan

Selayang Pandang Tentang Supervisi Kependidikan

Suatu organisasi dapat berjalan dengan baik dan lancar apabila suatu organisasi memiliki manajemen yang baik.Proses pendidikan di sekolah (manajemen pendidikan) tidak dapat dilepaskan dari administrasi pendidikan atau administrasi sekolah. Administrasi secara umum tidak dapat digolongkan antara bidang yang satu dengan bidang yang lainnya seperti administrasi niaga, administrasi perusahaan, administrasi pendidikan, dan sebagainya.

Menurut buku pedoman administrasi dan supervisi pendidikan pada kurikulum 1975 dalam Sahertian (1985:3) “administrasi pendidikan adalah usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber-sumber (personal maupun material) secar efektif dan efisien guna menunjang tercapainya tujuan pendidikan, yang terdapat pada berbagai tingkat dan jenjang pendidikan”.

Stephen J. Knezevich dalam Sahertian (1985:19) mendefinisikan administrasi sekolah yaitu sebagai “school administration is a process concered with creating, maintaning, stimulating, and unifying the energies within an educational institution toward realization of the predetermined objective” dimana administrasi sekolah adalah suatu proses yang terdiri dari usaha mengkreasi, memelihara, menstimulir, dan mempersatukan semua daya yang ada pada suatu lembaga pendidikan agar tercapai tujuan yang telah ditentukan labih dulu.

Menurut Sahertian (1985:55) mengemukakan bahwa administrasi pendidikan sebagai substansi gugusan yang meliputi pengelolaan pengajaran, kesiswaan, personalia, pengelolaan peralatan sekolah, pengelolaan gedung dan perlengkapan sekolah, pengelolaan keuangan sekolah, dan pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat.

Wijono (1989:14) mengemukakan “administrasi pendidikan sebagai ilmu terapan yang mempelajari keseluruhan proses kerjasama sekelompok orang yang mlakukan kegiatan bersama di bidang pendidikan dengan mendayagunakan tenaga dan peralatan sserta perlengkapan yang tersedia untuk mencapai tujuan secara sangkil dan mangkus”.

Sumber : https://merkbagus.id/