Sundial Terbesar di Asia Tenggara

Sundial Terbesar di Asia Tenggara

Sundial Terbesar di Asia Tenggara

TAHUKAH kamu apakah itu sundial? Sundial atau jam matahari adalah perangkat

penanda waktu yang memanfaatkan bayangan matahari dari sebuah tiang (gnomon). Bayangan tersebut akan jatuh di bidang yang sudah diberi tanda waktu/jam (atau bisa juga bulan) dan memberi informasi waktu semu lokal.

Jika anda belum mengatahui apa itu sundial, bagaimana bentuknya, maka anda bisa mengunjungi Puspa Iptek Sundial atau Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Jam Matahari. Puspa Iptek Sundial yang berlokasi di Jalan Raya Padalarang No. 427 Padalarang, Bandung memiliki 200 alat peraga yang bisa diekplorasi sendiri oleh setiap pengunjung secara interaktif.

Puspa Iptek Sundial diresmikan pada 11 Mei 2002. Gedung yang berada di bundaran

terdepan Kota Baru Parahyangan ini sangat unik karena berfungsi juga sebagai sundial (jam matahari). Di Puspa Iptek Sundial terdapat dua buah sundial sekaligus, yaitu sundial horisontal dan vertikal. Sundial horisontal tersebut adalah yang terbesar di Indonesia.

Selain itu, sundial horisontal dan vertikal di Puspa Iptek juga menggunakan gnomon yang sama sehingga menjadi satu kesatuan. Keunikan tersebut telah dianugrahi 2 buah penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) pada tahun 2002, yaitu Sundial Horisontal Terbesar di Indonesia dan Sundial Terpadu Horisontal-Vertikal Pertama di Indonesia.

”Bahkan Puspa Iptek Sundial ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara,” ujar Widi Utami

dari bagian Education Program and Promotion Puspa Iptek Sundial.

Sundial horisontal yang dimiliki Puspa Iptek berada di bundaran berdiameter 99 meter dengan bidang dial seluas 2.785 meter persegi dan gnomon terletak 15 meter di atasnya dengan panjang 30 meter. Gnomon ini dibuat panjang karena difungsikan juga sebagai gnomon dari sundial vertikal yang terletak du atas pintu masuk gedung. Sundial vertikal ini memiliki bidag dial dengan luas 50 meter persegi.

Widi menjelaskan selain memiliki 200 alat peraga sains yang interaktif dan sundial, Puspa Iptek Sundial juga memiliki beragam fasilitas yang akan membuat pengunjung merasa nyaman dan tentu saja juga sekalian mendidik anak dengan belajar menyenangkan. Area pamer/galeri alat memiliki luas sekitar 2.900 meter persegi. Dilengkapi juga dengan Puspa Agro Organik untuk belajar budidaya tanaman organik, lengkap dengan beragam tanaman sayur, area tangkap ikan, dan area tangkap kelinci.

Untuk melengkapi fasilitas, Puspa Iptek Sundial juga berkerjasama dengan lembaga lain untuk fasilitas Amazing 4D Theater, program pengenalan dunia militer, adapula laboratorium, dan masih banyak paket edukasi lainnya. Penasaran? Anda bisa kunjungi Puspa Iptek Sundial sebagai sarana pendidikan anak.

 

Sumber :

https://www.quibblo.com/story/DAxA-t0X/How-To-Get-Selected-For-Government-Job