Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah

Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah

Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah
  1. Tujuan Umum
  2. Untuk melaksanakan salah satu tugas penelitian di tingkat pendidikan SD
  3. Untuk mendapatkan sekaligus memberikan wawasan keilmuan yang lebih luas  serta arahan yang jelas bagi pembinaan pendidikan UKS di sekolah
  4. Diharapkan berguna bagi perkembangan pendidikan dalam rangka memberi gambaran informasi bagaimana partisipasi dan peran aktif dalam meningkatkan keberhasilan Usaha Kesehatan sekolah.
  5. Tujuan Khusus

Untuk mendapatkan data empairis tentang adanya sugesti positif partisipasi aktif Kepala Sekolah dalam rangka program pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Telaga Asih 06Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi Propinsi Jawa Barat pada tahun pelajaran 2013/2014.

D.    Pentingnya Penelitian Tindakan Sekolah

  1. Bagi Peneliti

Untuk memperoleh data informasi, dokumentasi yang tertulis maupun tidak tertulis, yang dapat dipakai sebagai bahan penyusunan laporan tentang hasil supervisi terhadap pelaksanaan program pembinaan pendidikan usaha kesehatan sekolah di sekolah binaan penulis.

  1. Bagi Sekolah

Dapat dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan dalam usaha mengembangkan Rencana Pengembangan Sekolah oleh Kepala Sekolah dalam mengatasi masalah pendidikan khususnya Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah.

E.     Pengertian Asumsi dan Keterbatasan
  1. Pengertian
  2. Partisipasi Kepala Sekolah

Partisipasi berasal dari bahasa Inggris Participation yang artinya ikut ambil bagian dalam hal ini yang dimaksud bahwa Kepala Sekolah ikut memberi dorongan terhadap perkembangan kemajuan sekolah, membantu memberikan fasilitas kepada sekolah dalam kaitannya dengan pelaksanaan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah.

  1. Pendidikan

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam medewasakan manusia, melalui upaya pengajaran dan latihan. Pendidikan berarti upaya proses perubahan sikap dan tingkah laku secara mendidi. (WJS. Poerwo Darminto, 1989:204).

  1. Usaha Kesehatan Sekolah

Usaha Kesehatan Sekolah ialah usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan di sekolah secara bersama-sama dengan guru dan siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan sekitar sekolah. (Dep. Kes. 1987:11).

  1. Asumsi

Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah merupakan pendidikan kesehatan yang nantinya dapat dijadikan bekal oleh  guru dan siswa serta staf sekolah untuk hidupnya, baik lingkungan sekolah, keluarga dan masyrakat, banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan Pendidikan Usaha Sekolah, antaranya partisipasi  dan peran aktif Kepala Sekolah terhadap program pembinaan pendidikan kesehatan yang meliputi bimbingan perhatian dalam hidup sehat yang diterapkan pada guru dan siswa  yang berawal dari lingkungan  sekitar sekolah serta bantuan fasilitas untuk keperluan program Pembinaan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah.

  1. Keterbatasan

Uraian pada bagian ini, dimaksudkan untk mengemukakan beberapa batasan dan penjelasan atau permasalahan penelitian ini. Batasan tersebut adalah banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah, baik berupa faktor pendukung, pelaksanaan, sarana dan prasarana serta faktor motivasi dari pelaku pendidik di sekolah.

Dalam penelitian ini khusus akan mengadakan penelitian tentang faktor partisipasi Kepala Sekolah dalam memberikan bimbingan serta perhatian kepada usaha pendidikan kesehatan di sekolah, yang menyangkut tentang kesehatan dan prasarana UKS, yang nantinya akan mempengaruhi keberhasilan Pendidikan Usaha Kesehatan Sekolah di SDN Telaga Asih 06 Kecamatan Cikarang BaratKabupaten Bekasi Propinsi Jawa Barat pada tahun pelajaran 2013/2014.

Sumber : https://www.anythingbutipod.com/